Perpisahan Bukan Kesedihan

Perpisahan adalah kejadian yang tidak diinginkan oleh siapapun, terlebih harus berpisah dengan orang yang kita cintai dan dengan seorang yang pernah mewarnai kehidupan kita.

Tapi tidak sepantasnya kita memandang perpisahan dengan kejadian yang buruk, justru perpisahan adalah awal yang baru untuk memulai cerita baru, seperti burung yang terbang meninggalkan anak-anaknya, seperti telur yang nenetas, seperti ular yang berganti kulit, dan seperti jipratan air yang gemericik. Intinya setiap hentakan perpisahan selalu melahirkan pencerahan yang akan terbekal dalam waktu selanjutnya.

Tak akan dendam, tak akan benci, tak akan marah, justru maaf yang diharapkan. Perpisahan adalah hal yang alami, seperti air yang selalu mengalir ke bawah. Meninggalkan dan ditinggalkan selalu bagian dari hidup manusia, setiap orang pasti akan pernah ditinggalkan atau meninggalkan.

Itulah proses kehidupan, seperti terjadinya siang dan malam, dimana pagi selalu hadir menjadi titik pisahnya.Seperti terjadinya pembuahan dimana benangsari harus pergi dari tangkainya dan membuahi putik di tempat lain. Itulah proses, itulah waktu, itulah roda.

Perpisahan pasti berbekas. Setiap keratan dan sayatannya adalah hasil dari pisau-pisau tajam kehidupan yang mengukir lembut setiap jengkaldi tubuh. Hanya menerima dan meresapi, karena kuyakin kelak perpisahan akan menjadi helai dihati dan menjadi lebih indah dari sebelumnya.

1 Komentar untuk "Perpisahan Bukan Kesedihan"

Unknown mengatakan...

ada cerita seru di www.bukuhidupandre.blogspot.com gak nyesel deh kalau udah baca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel